Sabtu, 14 Maret 2015

AMD MANTLE API TECHNOLOGY




MANTLE API

Apakah AMD Mantle (API) itu ? Sebelum saya membahasnya lebih lengkap ada baiknya anda mengetahui apa API terlebih dahulu.

API adalah sekumpulan perintah, fungsi, dan protokol yang dapat digunakan oleh programmer saat membangun perangkat lunak untuk sistem operasi (atau perangkat lunak) tertentu. API memungkinkan programmer untuk menggunakan fungsi standar untuk berinteraksi dengan sistem operasi (atau perangkat lunak tertentu). API sebenarnya menspesifikasikan bagaimana komponen perangkat lunak seharusnya berinteraksi satu dengan lainya.

Selain mengakses database atau perangkat keras komputer, seperti drive hard disk atau kartu video, API dapat digunakan untuk mempermudah pekerjaan pemrograman antarmuka pengguna komponen grafis. Dalam prakteknya, banyak sekali API dibuat dalam bentuk library yang meliputi spesifikasi untuk routines, data structures, object classes, dan variable.

Maka API Mantle yang dikembangkan oleh AMD (dan DICE) dapat digambarkan seperti definisi API sesungguhnya. Tetapi tidak sampai disitu saja, dalam post ini akan dibahas apakah sebenarnya API Mantle itu dan kegunaanya juga manfaat untuk masa depan dalam dunia gaming.


Mantle adalah inisiatif dari AMD untuk membuat model progamming baru yaitu yang bisa menggunakan semua kemampuan dari perangkat keras akselerasi grafis yang modern (baru-baru ini). Dalam kolaborasinya dengan pengembang game lintas platform, AMD telah membuat API dalam spesifikasi dan driver perangkat keras pengolah grafis (dalam hal ini GPU/ VGA) yang dapat digunakan dalam model PC dengan perangkat keras pengolah grafis berbasis GCN (Graphics Core Next). Mantle mengutamakan penghilangan halangan yang memaksa pengembang game sekarang ini untuk lepas dari itu dan dapat menggunakan seluruh kekuatan dan fitur pada perangkat grafis modern (AMD). GCN terdapat pada beberapa seri perangkat AMD HD 7000 series dan 8000 series juga RX series.

Tujuan utama mantle adalah untuk menggunakan tingkatan yang benar dalam abstraksi perangkat keras grafis. Mengurangi benturan perfoma dalam model progamming low-level dan high level, intinya mantle menciptakan kesederhanaan dalam memproses.


Konsep Mantle

Lebih efisien dalam memproses workload cukup hanya sekali untuk menggunakan lagi pada proses yang sama dan begitu terus-menerus.

Mantle mengizinkan aplikasi untuk me-manage memory GPU secara langsung, memberikan kesempatan membaca jejak lower memory pada aplikasi yang dikembangkan dan tentu saja mengurangi secara signifikan kelebihan beban pada driver.

Mantle mengizinkan aplikasi untuk langsung mengakses perangkat grafis untuk mengeksekusi pada lingkungan single-thread atau multi-thread. Sangat memungkinkan untuk mengoptimasi perfoma.


Kenapa Harus Mantle ?


Sudah lebih dari 10tahun pengembang aplikasi (game) menggunakan API direct x (Windows) untuk mengoptimasi game mereka. Walaupun versi-versi direct x sudah dirilis tentunya juga tetap tidak mengikuti perkembangan perangkat grafis dikarenakan direct x sifatnya universal yang dapat umumnya merk perangkat grafis dapat gunakan. Beda dengan halnya mantle yang merupakan teknologi (API) baru, sangat teroptimasi. Kedatangan mantle hanyalah mengadopsi sedikit banyak dari API yang sudah ada, direct x dan sebagainya tentu dengan optimasi untuk GCN.


Alasan Munculnya Mantle

Mantle didesain karena adanya respon langsung untuk meminta dari pengembang game dan aplikasi lain bagi mereka yang merasa terbatas dengan API yang sudah ada (directx, opengl, dan sebagainya). Dengan demikian akan membuat perombakan besar untuk optimasi model progamming yang sudah ada untuk menghadapi masalah yang sudah ada.

Kontrol perangkat grafis yang lebih bebas, pada API yang sudah ada atau lawas biasanya memiliki keterbatasan untuk mengakses keseluruhan fitur dan perfoma grafis modern (sekarang). Dalam beberapa kasus meng-evaluasi API yang sudah ada sangat meningkatkan perfoma. Dengan Mantle, membuat suatu inovasi akan lebih baik terutama dalam dunia 3d dan gaming.


Keuntungan Adanya Mantle
















Mantle didesain untuk mengatasi masalah dalam kenyataan sekarang terutama dalam perkembangan progamming (game). Menawarkan beberapa keuntungan untuk pengembang maupun pengguna, adalah sebagai berikut :

Mantle memberikan kemampuan terdepan grafis untuk memungkinkan pada spesifikasi sitem yang kurang powerfull yang pernah ada. Hal ini meluaskan jangkauan pada perangkat yang dijangkau oleh pengembang sebagai target pemasaran aplikasi mereka. Seperti sama halnya dengan perangkat rendah daya yang mulai meningkat popularitasnya dan penarik perhatian pengembang untuk secara intensif mengembangkan aplikasinya pada perangkat tersebut, tentu saja efisiensi model progamming seperti Mantle tentu saja sangat dibutuhkan.

Mantle memberikan kepada pengembang kontrol untuk perangkat grafis yang belum pernah ada mulai dari lapisan tertitipis dan efisien dari lapisan driver.
















Mantle API akan kompatibel dengan bahasa DirectX hingga level tertentu, hingga memudahkan para developer untuk mem-porting engine game berbasis directX API mereka ke Mantle API.


Performa Mantle

Mutli-Threading

Mengurangi kelebihan beban pada API yang mempengaruhi perfoma. Mengambil keuntungan pada multi-core jaman sekarang dengan tingkat efektif multi-threading. CPU dengan jumlah core 4, 6, bahkan 8 yang sekarang sudah umum, yang sebenarnya hanya satu core dimanfaatkan pada API lawas (umumnya) untuk membantu kinerja grafis. Maka dengan Mantle tentu saja akan membuka potensi untuk menggunakan seluruh core tersedia untuk meningkatkan perfoma.

Penggunaan Memory

Efisiensi managemen daripada memory perangkat grafis (GPU) adalah kendala pada komputasi sekarang, console terdahulu saja bisa mendapatkan pengalaman visual yang bagus dengan alokasi memory yang lebih sedikit daripada PC. Pada game console yang gamenya dirilis untuk PC (biasanya Windows) pasti penggunaan memory-nya lebih banyak. Ketidaksesuaian ini membuat para pengembanng untuk memperbaiki kualitas aplikasi (game) mereka. Dengan memberikan izin untuk melakukan kontrol penuh pada alokasi memory dan akses yang lebih fleksibel pada data yang didalamnya, Mantle akhirnya membuat hal ini menjadi yakni optimasi memory dapat dilakukan pada PC.


Persyaratan Mantle
Untuk menjalankan Mantle, anda akan membutuhkan:

1)  GPU AMD berbasis Arsitektur GCN (Mulai dari Radeon Seri HD 7xxx keatas).
2)  Driver AMD Catalyst yang memiliki dukungan Mantle.
3) Aplikasi/ Game yang mendukung Mantle (Battlefield Hardline, Dragon Age: Inquisition, Plants vs. Zombies Garden Warfare, Civilization: Beyond Earth, Battlefield 4, Thief, Star Citizen dan Sniper Elite 3).


Bagaimana Mantle Bekerja

Secara sederhana, Mantle bekerja dengan cara meminimasi overhead yang terjadi dari penggunaan API lama, lalu memastikan bahwa semua resource sistem (misal: Core CPU dan GPU) dimanfaatkan semaksimal mungkin. Berikut ini gambaran dari penggunaan DirectX dan Mantle pada game battlefield 4, diambil dari salah satu slide presentasi DICE pada AMD Developer Summit:


DirectX:


Mantle:


Pada kedua slide diatas, perbedaan pemanfaatan resource sistem pada kedua API terlihat jelas. Pada API DirectX, tidak semua CPU Core dimanfaatkan untuk menugaskan GPU melakukan proses rendering, lalu adanya proses komunikasi antara Driver dengan API yang memakan tambahan resource. Pada Mantle, semua inti CPU yang ada dipakai untuk menugaskan GPU untuk me-render (ini yang menyebabkan game dengan API Mantle dapat memiliki jumlah draw call yang relatif tinggi tanpa mengorbankan performa, meski dengan CPU kelas rendah), lalu tidak ada resource yang terbuang karena driver thread. Dan yang tidak kalah penting, Game dengan API mantle akan memiliki frame latency yang lebih kecil dari DirectX (hal ini akan dibahas pada bagian pengujian di halaman berikutnya).


Beberapa Pengembang Game Yang Bekerja Sama Dengan AMD Mantle

AMD Mantle adalah API grafis inovatif yang menjanjikan untuk mengubah dunia pengembangan game untuk membantu membawa lebih baik, lebih cepat game untuk PC. AMD bekerja sama dengan komunitas pengembangan game untuk merevolusi pengalaman PC gaming.

Panta-Rhei Engine

Kolaborasi baru untuk meningkatkan pipa render dari mesin Panta-Rhei, Mantle akan memungkinkan manfaat yang luar biasa dan kinerja yang mengesankan bagi para gamer dan pengembang sama dalam judul yang akan datang dikembangkan dan diterbitkan oleh Capcom.



Frostbite 3 Engine by DICE


Frostbite memberdayakan pencipta permainan di seluruh dunia untuk membentuk masa depan game. Diaktifkan dengan AMD Mantle grafis API untuk pengembangan grafis transparan dan halus, mengurangi biaya overhead CPU dan multi-core CPU yang kuat.




Asura Engine by Rebellion Games


Sebuah serbaguna, mesin permainan multi-platform disempurnakan selama 14 tahun. Sekarang diaktifkan dengan API grafis Mantle untuk kontrol mutakhir dari pipa grafis untuk CPU kinerja superior/ GPU dan minimal grafis API overhead.



CryEngine by Crytek


Kombinasi ampuh Mantle dan CryEngine akan memberdayakan pengembang game untuk mempercepat pengembangan PC dan ekstrak kinerja gaming belum pernah terjadi sebelumnya.






Nitrous game engine by Oxide


Masih dalam tahap pengembangan, mesin permainan Nitrous Oxide dibangun untuk mengambil keuntungan dari kinerja Mantle. Mereka demo Star Swarm menggambarkan kapasitas yang luar biasa dari mesin permainan Mantle-dioptimalkan.









Tidak ada komentar:

Posting Komentar